Selasa, 19 April 2011

Konvergensi dan Konsentrasi di industri media

PERKEMBANGAN TIK DAN TANTANGAN INDUSTRI PENYIARAN INDONESIA.


PERKEMBANGAN TEHNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

         Menuju ke Konvergensi atau Tehnologi 3 layar (TV,Komputer/Laptop,HP); Interaktif.
         Tehnologi dan sarana yang tersedia saat ini, 3G, Wimax dan jaringan Fiber-Optik.
         Saat ini beberapa Lembaga Penyiaran sudah melakukan siaran percobaan menggunakan berbagai tehnologi, namun sebatas percobaan tehnis saja.

TANTANGAN INDUSTRI PENYIARAN :

*) REGULASI

*) INRASTUKTUR

*) TREND MASYARAKAT

*) MODEL BISNIS

REGULASI

         Regulasi yang berubah2 menyebabkan ketidak- pastiaan peraturan berakibat sulit untuk rencana usaha jangka panjang.

         Tidak sinkron-nya peraturan yang satu dengan yang lain ditingkat Nasional, juga menimbulkan keraguan dalam pengambilan keputusan.


         Peraturan Daerah atau kebijakan2 yang dibuat oleh regulator daerah lain, tidak sama dari daerah satu dengan daerah lain.

         Akibat dari hal2 diatas Industri Penyiaran sulit untuk merencanakan jangka panjang.


.INFRASTRUKTUR

         Untuk Tehnologi yang bersifat Interaktif, dibutuhkan jaringan serat optik dengan penetrasi yang luas dan harga yang terjangkau, pada saat ini belum tercapai, namun sudah menunjukan kemajuan.

         Tehnologi wireless seperti Wimax belum menjanjikan karena band-width yang terbatas dan “Nomandic”.


         Untuk sementara tehnologi 3G belum menarik karena ukuran layar yang terbatas, bila ukuran layar membesar (Ipad), maka tehnologi akan menarik untuk industri penyiaran





TREND MASYARAKAT

         Kemajuan TIK menyebabkan sebuah trend baru dalam masyarakat, dimana mereka ingin informasi kapan mereka ada waktu, dimana saja, dan  jenis informasi yang mereka inginkan.

         Trend ini menimbulkan segmentasi yang amat kecil, namun sangat khusus.

         Jejaring Sosial (Facebook) merupakan gambaran masa depan, dimana muncul komunitas2 tanpa ada lembaga penyiaran atau administrator.

         Perusahaan Periklanan Internasional sudah mulai memberikan perhatian khusus kepada jejaring sosial.




       MODEL BISNIS

















         Dimasa mendatang lembaga penyiaran akan menjadi “Content Provider”

         Mengingat Trend Masyarakat Modern, maka target “Pemirsa” menjadi kecil, sedangkan biaya Program tetap tinggi.

         Content Provider memburtuhkan pengembalian investasi yang panjang, mengingat jumlah “pemirsa” yang kecil menyebabkan pemasuka dar langganan dan iklan menjadi kecil.

         Kepastian Hukum menjadi salah faktor penting dalam TIK. 




SECOND LIFE COMMUNITIES



 

In Second Life, there's always someone to talk to, dance with, learn from or perhaps even love. You can meet people all over the world without ever leaving your home. And here, there's no jet lag and the clubs are always open



TIK & PERUBAHAN PARADIGMA KOMUNIKASI

Virtual Worlds

         Digital Avatars & the questions of identities
         Virtual Social Network
         Second Life Economy: buy & sell real & virtual goods & services
         Reuters Virtual Bureau Reporting What is Happening in Second Life
         Advertisers in Second Life










KONVERGENSI

Berpadunya teknologi dan rantai nilai (value chain) industri telekomunikasi, penyiaran, teknologi informasi,  dan konten, beserta  ikutannya sehingga khalayak  memperoleh layanan yang terpadu sesuai kebutuhan.


THE THIRD REVOLUTION OF  COMMUNICATION

Perkembangan komputer, laptop, Black Berry, ponsel  melebihi media konvensional.
Tiras Media Cetak mengalami penurunan, radio dan televisi stagnasi
Booming Net Generation with Web 2.0
Pola komunikasi berubah







CHALLENGES OF FUTURE MEDIA




 CONSEQUENCES OF DIGITAL CONVERGENCE The world is flat


         Public Sphere broader
         We find Global Brain
         Democratization around the world
         Concentration of ownerships
         Who is the winner?


POLITICAL COMMUNICATION


         Hype dimension of politics  getting more important
         Spin doctors is very significant
         Politics as dramaturgy
         Public opinion also determined by social media
         Technology web 2.0 must  be used (anatomy of buzz)



Communication Scholars should give attention to :

         Multi Tasking Journalism
          Public relations Web 2.0
          Entrepreneurship in Convergence of
                       Communication Technology
          Using of E educations
          Law of Media Convergence
          How to be spin doctors








Tidak ada komentar:

Posting Komentar