PERKEMBANGAN TIK DAN TANTANGAN INDUSTRI PENYIARAN INDONESIA .
PERKEMBANGAN TEHNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
• Menuju ke Konvergensi atau Tehnologi 3 layar (TV,Komputer/Laptop,HP); Interaktif.
• Tehnologi dan sarana yang tersedia saat ini, 3G, Wimax dan jaringan Fiber-Optik.
• Saat ini beberapa Lembaga Penyiaran sudah melakukan siaran percobaan menggunakan berbagai tehnologi, namun sebatas percobaan tehnis saja.
TANTANGAN INDUSTRI PENYIARAN :
*) INRASTUKTUR
REGULASI
• Regulasi yang berubah2 menyebabkan ketidak- pastiaan peraturan berakibat sulit untuk rencana usaha jangka panjang.
• Tidak sinkron-nya peraturan yang satu dengan yang lain ditingkat Nasional, juga menimbulkan keraguan dalam pengambilan keputusan.
• Peraturan Daerah atau kebijakan2 yang dibuat oleh regulator daerah lain, tidak sama dari daerah satu dengan daerah lain.
• Akibat dari hal2 diatas Industri Penyiaran sulit untuk merencanakan jangka panjang.
.INFRASTRUKTUR
• Untuk Tehnologi yang bersifat Interaktif, dibutuhkan jaringan serat optik dengan penetrasi yang luas dan harga yang terjangkau, pada saat ini belum tercapai, namun sudah menunjukan kemajuan.
• Tehnologi wireless seperti Wimax belum menjanjikan karena band-width yang terbatas dan “Nomandic”.
• Untuk sementara tehnologi 3G belum menarik karena ukuran layar yang terbatas, bila ukuran layar membesar (Ipad), maka tehnologi akan menarik untuk industri penyiaran
TREND MASYARAKAT
• Kemajuan TIK menyebabkan sebuah trend baru dalam masyarakat, dimana mereka ingin informasi kapan mereka ada waktu, dimana saja, dan jenis informasi yang mereka inginkan.
• Trend ini menimbulkan segmentasi yang amat kecil, namun sangat khusus.
• Jejaring Sosial (Facebook) merupakan gambaran masa depan, dimana muncul komunitas2 tanpa ada lembaga penyiaran atau administrator.
• Perusahaan Periklanan Internasional sudah mulai memberikan perhatian khusus kepada jejaring sosial.
MODEL BISNIS
• Dimasa mendatang lembaga penyiaran akan menjadi “Content Provider”
• Mengingat Trend Masyarakat Modern, maka target “Pemirsa” menjadi kecil, sedangkan biaya Program tetap tinggi.
• Content Provider memburtuhkan pengembalian investasi yang panjang, mengingat jumlah “pemirsa” yang kecil menyebabkan pemasuka dar langganan dan iklan menjadi kecil.
• Kepastian Hukum menjadi salah faktor penting dalam TIK.
SECOND LIFE COMMUNITIES
In Second Life, there's always someone to talk to, dance with, learn from or perhaps even love. You can meet people all over the world without ever leaving your home. And here, there's no jet lag and the clubs are always open
TIK & PERUBAHAN PARADIGMA KOMUNIKASI
Virtual Worlds
• Digital Avatars & the questions of identities
• Virtual Social Network
• Second Life Economy: buy & sell real & virtual goods & services
• Reuters Virtual Bureau Reporting What is Happening in Second Life
• Advertisers in Second Life
KONVERGENSI
Berpadunya teknologi dan rantai nilai (value chain) industri telekomunikasi, penyiaran, teknologi informasi, dan konten, beserta ikutannya sehingga khalayak memperoleh layanan yang terpadu sesuai kebutuhan.
THE THIRD REVOLUTION OF COMMUNICATION
Perkembangan komputer, laptop, Black Berry, ponsel melebihi media konvensional.
Tiras Media Cetak mengalami penurunan, radio dan televisi stagnasi
Booming Net Generation with Web 2.0
Pola komunikasi berubah
CHALLENGES OF FUTURE MEDIA
CONSEQUENCES OF DIGITAL CONVERGENCE The world is flat
• Public Sphere broader
• We find Global Brain
• Democratization around the world
• Concentration of ownerships
• Who is the winner?
POLITICAL COMMUNICATION
• Hype dimension of politics getting more important
• Spin doctors is very significant
• Politics as dramaturgy
• Public opinion also determined by social media
• Technology web 2.0 must be used (anatomy of buzz)
Communication Scholars should give attention to :
• Multi Tasking Journalism
• Public relations Web 2.0
• Entrepreneurship in Convergence of
Communication Technology
• Using of E educations
• Law of Media Convergence
• How to be spin doctors






Tidak ada komentar:
Posting Komentar