Cyber Communication Concept
_ WHAT : CYBER COMMUNICATION adalah salah –satu jalur penyaluran pesan lewat media massa yang distribusinya melalui jaringan internet, dimana cara penyajiannya bersifat luas, up to date (terkini), interaktif, dan 2 way communication.
_ WHY : dengan adanya media massa dalam wujud ini (CYBER COMMUNICATION), arus informasi yang ada dapat selalu ter-update kapan saja, berbeda dengan media masa cetak dan media massa siaran (elektronik).
_ WHERE : Ranah communication cyber berada dalam ruang lingkup yang lebih global dan universaldari pada communication lain, karena internet merupakan jaringan yang menghubungkan secara virtual sebuah PC dengan PC yang berada di tempat lain, bahkan menembus benua dan samudra di planet kita. Communication cyber berusaha menyalurkan arus informasi sesuai dengan cara kerja internet yang luas tanpa batas.
_ WHOM : sebutan bagi para “penghuni” dan pengguna dunia Cyber atau dunia Maya adalah Netter..... Kebanyakan diantara netter adalah para pencari informasi.
_ WHO : sedangkan sebagian yang lainnya adalah pemberi informasi.
_ HOW: Tentu saja cara memanfaatkan communication cyber adalah dengan cara menggunakan media communication ini sebaik-baiknya, dengan kata lain harus menjadi seorang pengguna internet aktif yang tidak hanya mencari informasi, namun juga mempublish informasi ke internet agar setiap orang didunia dapat mengetahui informasi tersebut
Cyber Communication Orientation
*) Bersifat luas (global), menembus perbedaan jarak dan waktu
*) Up to date (terkini), dengan cyber communication setiap pemberi informasi dapat memperbaharui informasi yang ingin di publishnya di internet.
*) 2 way communication, berbeda pada media konvensional yang hanya berpatokan pada satu arah.... Yaitu penyampaian pesan kepada khalayak, tanpa ada timbal feedback ke pemberi pesan. Cyber Communication dapat menerapkan komunikasi 2 arah antara si komunikator dengan komunikan. Comment box, wall, dll
*) Interaktif sifatnya tidak statis, interface atau tampilannya memiliki objek yang dapat berinteraksi dengan pengguna dan pencari informasi.
How Long Do You Spend Online In A Day?
• All fricking day
• More than 16 hours
• More than 12 hours
• More than 6 hours
• 4 to 6 hours
• 2 to 3 hours
• 1 to 2 hours
• 30 minutes to 1 hours
• From 15 minutes to 30 minutes
• Not at all
Media Traditional vs New Media
• Kehadiran media baru (new media) seperti Internet, i-Phone, i-Pod, i-Pad, radio satelit memunculkan sebuah generasi yang berbeda dalam mengomsumsi informasi.
• Perubahan media tradisional : koran, majalah, tabloid, buku, dsb à new media : Internet (i-News, e-book, online social media, blog, dsb), handphone (Blackberry,i-Phone, dsb), i-Pod, i-Pad, dsb.
• Generasi paper (kertas) à generasi paperless (meminimkan/mengurangi pemakaian kertas) atau generasi multimedia.
• Media tradisional khususnya media cetak tengah menghadapi dilema berat.
• Di negara-negara Asia yang mayoritas penduduknya akrab dengan teknologi tinggi seperti Jepang & Korea Selatan, kekhawatiran bahwa media cetak akan ditinggalkan mulai terasa.
• Di Indonesia dan India, media Internet belum mengancam dominasi media cetak.
- Tingkat akses terhadap Internet di Indonesia & India tergolong masih rendah.
- Indonesia: 25 juta atau 11 persen dari populasi penduduk berjumkah 228 juta orang.
Media Traditional vs New Media
• Fakta:
– Semakin banyaknya situs-situs berita baru (selain detik.com, kompas.com, tempointeraktif): Vivanews, Okezone, Yahoo News, dsb.
– e-Paper: Kompas, Koran Tempo, dsb.
– Pertumbuhan jumlah pengguna Internet (User) makin tinggi, baik di Indonesia dan dunia.
• Fakta ini menyiratkan bahwa di masa depan new media akan semakin berperan, dengan partisipasi masyarakat yang semakin besar.
History of Cyber communication
• Bangkitnya Media Online:
– 2002 : Blog atau web log.
– 2002 : Friendster ( Social Media Network)
– 2002 : MySpace (Social Media Network)
– 2003/2004 : Web 2.0 (teknologi generasi kedua layanan berbasis web).
– 2004 : Facebook (Social Media Network)
– 2005 : YouTube
– 2006 : Twitter
Traditional communication vs cyber communication
• Cyber Communication :
– Pergeseran komunikasi satu arah ke komunikasi dua arah (interaktif).
– Publik/konsumen memiliki derajad yang sama tingginya dengan perusahaan/produsen.
– Publik/konsumen bisa bebas menuliskan pengalaman baik dan buruknya dalam mengomsunsi produk atau pelayanan, dan menyebarluaskan melalui online social media, milis, blog, dsb.
– Paradigma baru bukan lagi publikasi dari perusahaan, melainkan partisipasi publik.
Komunikasi Satu Arah *)
Komunikasi Dua Arah
How Does Cyber Communication Work?
• Publikasi berbasis “dari mulut ke mulut” atau word of mouth.
• Word of mouth communication merupakan pernyataan yang dibuat oleh pihak selain dari penyedia jasa. Misalnya dari pelanggan sendiri, teman, keluarga, orang yang ahli, dll.
*) Word Of Mouth Commonication
How Does Cyber Communication Work?
• Dampak Word of Mouth Communication:
• 1. Positive word of mouth communication, yaitu konsumen memberi persepsi baik, dimana kepuasan dan kualitas jasa telah memenuhi ekspektasi konsumen.
• Aktualisasinya dapat berupa rekomendasi kepada orang lain tentang kelebihan produk/jasa tersebut.
• 2. Negative word of mouth communication, yaitu konsekuensi dari persepsi buruk pelanggan terhadap produk/jasa tersebut.
• Aktualisasi dapat berupa: (1) pemberitahuan tentang niat pindah (word of mouth about servis switching) yaitu cerita individu/pengalaman (personal stories) dan keluhan (complaining), atau (2) mencari penyedia jasa baru (search for new service).
- SELESAI -






Tidak ada komentar:
Posting Komentar